Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA KAUM NABI LUTH DI BINASAKAN


Nabi Luth a.s adalah saudara laki-laki Nabi Ibrahim a.s. beliau diutus Allah s.w.t ke negeri sadum ( palestina). penduduknya sangat durhaka kepada Allah s.w.t dab mereka mempunyai budi pekerti yang sangat buruk sekali. Mereka memutuskan perkawinan untuk perkembangan keturunan, Seorang laki - laki tidak mau mengawini seorang perempuan. Namun sebaliknya yang mereka ingini laki- laki mengawini laki-laki ( sejenis). pekerjaan mereka merampok haj orang dan menganiaya. Dan apa bila dinasehati oleh Nabi luth a.s dengan di takutkan dengan siksaan Allah s.w.t . kaumnya menjawab: "Datangkanlah siksaan Allah itu hai LUTH, Jika sekiranya engkau orang yang benar."


Ilustrasi

Didalam Al- Qur'an Allah s.w.t menerangkan firman-Nya:

 
وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِنَ الْعَالَمِينَ,أَئِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ وَتَقْطَعُونَ السَّبِيلَ وَتَأْتُونَ فِي نَادِيكُمُ الْمُنْكَرَ ۖ فَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِ إِلَّا أَنْ قَالُوا ائْتِنَا بِعَذَابِ اللَّهِ إِنْ كُنْتَ مِنَ الصَّادِقِينَ

Artinya : Dan ingatlah ketika Luth berkata kepada kaumnya : " sesungguhnya kaumu benar - benaar mengerjakan perbuatan yang amat keji yang belum pernah dikerjakan oleh seorang pun dari umat-umat sebelum kamu." Apakah sesungguhnya kamu patut mendatangi laki -laki ( kawin dengan laki- laki), menyamun dan mengerjakan kemungkaran di tempat - tempat pertemuanmu? Akan tetapi jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan : " Datangkanlah kepada kami azab Allah, jika kamu termasuk orang- orang yang benar." ( Q.s Al- 'ankabut ayat 28-29).

DOA NABI LUTH DITERIMA ALLAH S.W.T.

Mendengarkan perkataan mereka, kemudian Nabi Luth a.s berdo'a kepada Allah s.w.t Didalam Al-Qur'an Allah s.w.t menrangkan firman-nya :
 
قَالَ رَبِّ انْصُرْنِي عَلَى الْقَوْمِ الْمُفْسِدِينَ

Artinya : LUTH Berdo'a " ya tuhanku, tolonglah aku, dengan menimpakan azab atas kaum yanh berbuat kebinasaan itu". (Q.s Al-'ankabut ayat : 30).

Kemudian do'a Nabi Luth a.s diterima Allah s.w.t. Dab Allah s.w.t mengutus beberapa malaikat untuk menurunkan azab kepasa kaum Nabi Luth a.s yang sangat durhaka dan mengingkari Allah s.w.t itu. Segera datang perkhabaran ini, kepada Nabi Ibrahim a.s dari Allah s.w.t bahwa negeri dan kaum Nabi Luth a.s akan dibinasakan. Karena kaumnya sangat durhaka dan berbuat maskiat.

Setelah Nabi Ibrahim a.s mendengar kabar ini, seraya berkata : " ya Allah, didalam negeri itu ada Nabi Luth a.s. dan bagaimana Beliau kalau negeri itu sampai dimusnahkan?"

Didalam Al-Qur'an Akkah s.w.t menerangkan firman-Nya:

قَالَ إِنَّ فِيهَا لُوطًا ۚ قَالُوا نَحْنُ أَعْلَمُ بِمَنْ فِيهَا ۖ لَنُنَجِّيَنَّهُ وَأَهْلَهُ إِلَّا امْرَأَتَهُ كَانَتْ مِنَ الْغَابِرِينَ

Artinya : Berkata Ibrahim: " sesungguhnya di kota itu ada LUTH . Para Malaikat berkata: Kami lebih mengetahui siapa yang ada di kota itu. Kami sungguh- sungguh akan menyelamatkan dua dan pengikut - pengikutnya kecuali istrinya, dia termasuk orang- orang yang teringgal dibinasakan." (Q.s Al- 'ankabut ayat: 32).

ALLAH S.W.T MENGUTUS MALAIKAT YANG BERUPA LAKI -LAKI CANTIK

Sebelum Negeri Nabi Luth a.s dimusnahkan, datanglah beberapa malaikat yang menyerupai seorang laki-laki yanh cantik- cantik ke rumah Nabi Luth a.s Beliau merasa susah hatu karena takut kalu- kalau tamu-tamunya itu diganggu olehbkaumnya yang sangat keji perbuatanya ( mengawini sesam jenis laki -laki dengan laki- laki). Kebetulan mereka sedang mengintai tamu - tamu Nabi luth a.s itu, dan segera mereka datang kepada Nabi Luth a.s dan langsung meminta tamu- tamu laki-laki yang cantik itu untuk segera memuaskan kesenangan mereka masing - masing, yang sangat terkutuk itu .

Seraya Nabi Luth menjawab: " Wahai kaumku, janganlah kamu mengganggu tamu-tamuku, dan untuk engkau mengawininya, jika engkau mau biarlah aku akan carikan isteri ( wanita ) yang halal, untuk engkau kawini, dan mengapakah kamu sekalian tidak berfikir?"

Seraya mereka menjawab " Hai Luth, sebagaimaan engkau sudah mengetahui, bahwa aku tidak suka kepada orang - orang wanita. "

Didalam Al- Qur'an Allah s.w.t menerangkan firmanya :

وَلَمَّا أَنْ جَاءَتْ رُسُلُنَا لُوطًا سِيءَ بِهِمْ وَضَاقَ بِهِمْ ذَرْعًا وَقَالُوا لَا تَخَفْ وَلَا تَحْزَنْ ۖ إِنَّا مُنَجُّوكَ وَأَهْلَكَ إِلَّا امْرَأَتَكَ كَانَتْ مِنَ الْغَابِرِينَ

Artinya :  Dan tatkala utusa kami para malaikat itu kepada Luth, Dua merasa susah karen kedatangan mereka, dan merasa tudak mempunyai kekuatan untuk melindungi mereka dan mereka berkata: " janganlah kamu takut dan jangan pula susah, sesungguhnya kami akan menyelamatkan kamu dan pengikut- pengikutmu, kecuali isterimu, dia adalah termasuk orang- orang yang teringgal dibinasakan. " (Q.s Al-ankabut Ayat : 33).

KAUM NABI LUTH DIDATANGKAN AZAB ALLAH S.W.T

Demikianlah negeri dan kaum Nabi Luth a.s dimusnahkan Allah s.w.t. Dan sebelum itu Nabi Luth a.s dan pengikut - pengikutnya yang beriman telah pindah ( hijrah) ke daerah lain dengan mendapat keselamatan dan lindungan Allah s.w.t.
Didalam Al-Qur'an Allah s.w.t menerangkan firmanya :

قَالُوا يَا لُوطُ إِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَصِلُوا إِلَيْكَ ۖ فَأَسْرِ بِأَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِنَ اللَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ أَحَدٌ إِلَّا امْرَأَتَكَ ۖ إِنَّهُ مُصِيبُهَا مَا أَصَابَهُمْ ۚ إِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۚ أَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيبٍ

Artinya: para utusan Malaikat berkata: " Hai Luth, sesungguhnya kami adalah utusan - utusan tuhanmu. sekali- kali merka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah dengan membawa keluarga dan pengikut - pengikut kamu di akhir malam, dan janganlah ada ada seorang pun diantara kamu yang tertinggal kecuali isterimu, sesungguhnya dia akan ditimpa azab yang menimpa mereka karena sesungguhnya saat jatuhnya azab kepada mereka ialah diwaktu subuh, bukankah subuh itu sudah dekat ? " ( Q.s Hud ayat: 81 ).

Seketika itu datang azab ( siksaan) Allah s.w.t Di dalam Al-Qur-an Allah s.w.t menerangkan firmanya:

فَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ مَنْضُودٍ

Artinya: Maka tatkala datang azab kami, Kami jadikan negeri- negeri kaum Luth itu yang diatas kebawah, kami balikan dan kami hujani mereka dengan batu- batu dari tanah- tanah yang terbakar dengan bertubi - tubi" ( Q.s Hud ayat : 82).

Baca juga : Kisah nabi saleh a.s dan mu'jizat-nya

KESIMPULAN DAN HIKMAH RIWAYAT NABI LUTH A.S

  1. Nabi luth a.s dan kaummya yang sangat durhaka dan keji perbuatanya itu, mendiami daerah pedusunan yang bernama SADUM di palestina.
  2. mereka mempunyai prilaku tidak baik yaitu mengawini sesama jenis Laki-Laki mengawini Laki-Laki.
  3. Nabi luth a.s selalu memperingatkan dan mengancam dengan siksaan Allah s.w.t, tetapi mereka menantang dan mengejeknya.
  4. Dan akhirnya negeri kaum itu dihancurkan oleh Allah s.w.t dan Nabi Luth a s beserta pengikut- pengikutnya yang beriman, mendapat keselamatan dan lindungan Allah s.w .t. Terkecuali isteri Nabi Luth a.s Karena perbuatan durhaka kepada Allah s.w.t  

selesai

Purwanto
Purwanto Cah kuper