Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah nabi saleh a.s dan mu'jizat-nya

Nabi Shaleh a.s adalah anak dari uabid bin Jabir bin tsamud, kaumnya bernama tsamud, ialah nama yang di bangsakan kepada nama kakeknya yang bernama tsamud bin Amir bin bin Sam Bin Nuh. Nabi Shaleh a.s mempunyai keturunan dengan Nabi Nuh a.s yang keenam . Kaum tsamud ini menempati daerah bekas Negeri kaum Ad' yang telah hancur itu, letak antara Hijaz dan syam di sebelah tenggara negeri madyan. Bertempat tinggal di bukit-bukit pegunungan, saat tsamud ini yang penuh dengan kemakmuran, senang dan bahagia hidupnya. Dan agama mereka adalah penyembah berhala seperti halnya kaum Ad' lah dimusnahkan Allah s.w.t itu. Oleh karenanya mereka menjadi buruk Perangai berbuat kejahatan- kejahatan dan menjadikan kesombongan dan Congkak pada dirinya.

Menceritakan kisah singkat nabi shaleh

NABI SHALEH MENYERU KAUMNYA

Nabi Saleh a.s menyeru kaumnya supaya menyembah Allah s.w.t. Allah Yang Esa tidak ada sekutu baginya. Dia yang menghidupkan dan mematikan dan dia yang melimpahkan rahmatnya dan nikmatnya di dalam keadaan hidupmu dan berbaktilah kamu kepada dia lah kepadanya dari segala dosa, sesungguhnya Allah s.w.t bersifat pengasih dan penyayang dan memperkenankan doa orang yang baik-baik (beriman). Dalam al-quran allah s.w.t menerangkan firmannya:

وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا ۚ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا فَاسْتَغْفِرُوهُ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُجِيبٌ

Artinya: Dan kepada tsamud kami utus saudara mereka Shaleh. Shaleh berkata: " hai kaumku, sekali-kali tidak ada Bagimu Tuhan selain dia (allah s.w.t ). Dia telah menciptakan kamu dari bumi(tanah) dan menjadikan kamu kemakmurannya mohonlah ampunannya, kemudian bertobatlah kepadanya, tunggunya Tuhanku amat dekat ( rahamatnya) memperkenankan (do'a hamba-nya)" (q.s hud ayat: 61).

karena mereka sangat durhaka kepada Allah s.w.t maka seruan Nabi Shaleh tidak dihiraukan lagi. Di dalam al-qur'an Allah s.w.t menerangkan firmannya:

قَالُوا إِنَّمَا أَنْتَ مِنَ الْمُسَحَّرِينَ.مَا أَنْتَ إِلَّا بَشَرٌ مِثْلُنَا فَأْتِ بِآيَةٍ إِنْ كُنْتَ مِنَ الصَّادِقِينَ

Artinya: Mereka berkata: " sesungguhnya kamu adalah salah seorang dari orang-orang yang kena sihir. Kamu tidak lain melainkan seorang seperti kami, datanglah sesuatu mukjizat kamu memang termasuk orang-orang yang benar  (q.s ashu'ara ayat 153-154).

MU'JIZAT NABI SHALEH A.S

Tiap-tiap Rasul allah s.w.t memberikan keistimewaan ialah kemukjizatannya dengan segala izin Allah s.w.t seperti nabi Musa a.s dengan tongkatnya yang dapat menjadi ular, membelah laut hingga dapat dijadikan jalan darat untuk dilalui penyebrangannya. Dan juga pada nabi/ rasul-rasul yang lainnya mempunyai kemu'jizatan masing-masing. Kemukjizatan nabi Shaleh a.s ialah dapat mengeluarkan seekor unta betina dari sebuah batu yang besar kemudian unta betina tersebut dapat mengeluarkan air susu yang bisa diminum , dan terdapat tempat air minum unta itu supaya jangan sampai diganggu, begitulah pesan Nabi Shaleh a.s kepada kaumnya, karena mereka tidak percaya, di ganggu unta tadi dan kemudian mereka sembelih unta itu. Kemudian mereka datang kepada Nabi shaleh a.s seraya berkata: " jika benar engkau utusan Allah Buktikanlah janji siksaan Allah itu" di dalam al-qur'an Allah s.w.t menerangkan firmannya:

قَالَ الَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا بِالَّذِي آمَنْتُمْ بِهِ كَافِرُونَ

Artinya: Berkata lagi orang-orang yang menyombongkan diri: " sesungguhnya kami adalah orang yang tidak percaya kepada apa yang kamu imani itu" ( q.s al-a'raf ayat : 76).

Kemudian Nabi Shaleh a.s berkata kepada kaum tsamud: " kamu boleh menyaksikan bahwa siksaan (azab) allah s.w.t dalam beberapa waktu lagi dan telah dekat" dan sebelum azab Allah s.w.t datang nabi Shaleh a.s beserta orang-orang yang beriman telah pergi lebih dulu. Di dalam al-quran allah s.w.t menerangkan firmannya:

فَتَوَلَّىٰ عَنْهُمْ وَقَالَ يَا قَوْمِ لَقَدْ أَبْلَغْتُكُمْ رِسَالَةَ رَبِّي وَنَصَحْتُ لَكُمْ وَلَٰكِنْ لَا تُحِبُّونَ النَّاصِحِينَ

Artinya: Kemudian soleh meninggalkan mereka Seraya berkata " kaumku!!? sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat tuhanku, dan aku telah memberi nasihat kepadamu, tetapi kamu tidak menyukai orang-orang yang memberi nasehat" ( q.s al- a'raf ayat: 79).

Dan kemudian tiba-tiba gempa bumi dan petir yang menyambar dengan dahsyatnya sehingga bangsa tsamud (kafirin) itu habis binasalah semua, di dalam al-qur'an Allah s.w.t menerangkan firmannya:

فَأَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا فِي دَارِهِمْ جَاثِمِينَ

Artinya: " karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di dalam rumahnya" ( q.s:  al a'raf ayat: 78).

NABI SHALEH A.S HIJRAH

Ini habis lah negeri itu dibinasakan Allah S.W.T sedangkan Nabi Shaleh A.S beserta pengikutnya pindah ke negeri hadramaut/ makkah. Menurut riwayat mereka yang terlepas dari azab Allah s.w.t ada 120 orang yang baru itu, sampai Akhir hayatnya.

KESIMPULAN DAN HIKMAHNYA RIWAYAT NABI SHALEH A.S

  1. Nabi Shaleh a.s mempunyai keturunan dari kakeknya yang bernama tsamud bin Amir bin Sam Bin Nuh.
  2. Orang yang durhaka kepada Allah s.w.t segera didatangkan azab dan siksaannya.
  3. kaum Nabi Shaleh a.s dinamakan tsamud, kaum yang sombong diri dab durhaka kepada allah s.w.t.
  4. Setiap nabi/ rasul Allah adalah mempunyai mukjizat, dan nabi Shaleh mempunyai mukjizatnya ya itu bisa mengeluarkan seekor unta betina dari  Sebuah batu yang besar dapat mengeluarkan air susu yang bisa diminum.
  5. nabi shaleh a.s beserta  orang -orang yang beriman mendapat keselamatan dan dipelihara oleh allah s.w.t dari terpaan azab yang maha hebat itu.
Kisah diatas merupakan cuplikan kisah singkat yang di ambil dari ayat al-qur'an. Jika ada kesalahan atau kekurangan silahkan kasi masukan dengan meninggalkan komentar di bawah.
Purwanto
Purwanto Cah kuper