Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nabi Ya'qub a.s utus ke negeri Kan'an

Nabi Ya'qub adalah anak Nabi Ishaq a.s dan anak Nabi Ibrahim a.s. Nabi Ya'Qub a.s di utus Allah s.w.t untuk memimpin ummatnya supaya menyembah Allah s.w.t ( tuhan yang maha Esa) Menurut riwayat beliau diutus dingeri Kan'an ( desa Nabulis). Kehidupan Nabi Ya'qub a.s bertani dan beternak. Nabi Ya'qub a.s mempunyai dua orang isteri yang bersaudara yang bernama ; Layya dan Rabil. Perkawinan dua orang isteri yang seibu dan seayah ini, waktu itu belum ada larangan.
Dalam Al- Qur'an Allah s.w.t menerangkan firmanya :

وَأَنْ تَجْمَعُوا بَيْنَ الْأُخْتَيْنِ إِلَّا مَا قَدْ سَلَفَ.

Artinya : Diharamkan kepadamu mngawini dua orang perempuan yang bersaudara ( seayah seibu) kecuali pada masa yang silam. ( Q.S An-nisa  ayat : 23).

Liyya dan Rahil mempunyai dua orang sahaya yang bernama Zulfah dan Balhah, keduanya dikawini pula oleh Nabi Ya'qub a s. Beliau dikuniai 12 oranh anak laki-laki sebagai berikut : 

Anak dari Layya: Rabin, Sya'mun, Lawi, Yahuza, Yaksir, Zebulon.
Anak dari Rahil: Yusuf ( Nabi yusug a.s ) dan Bunyamin.

Sedangkan hamba sahya ( Zulfah dan Bahla ) ini, masing - masing mendapat dua anak laki-laki. Kesemuanya dari keluarga Nabi Ya'qub a.s ini disebut Al-Basth, artinya kabilah-kabilah ( kelompok) bani israil, karena mereka masing- masing mempunyai keturunan yang banyak.

PEPERANGAN MELAWAN RAJA SALJAM

Pada masa Nabi Ya'Qub a.s adalah Raja Saljam, dimasa itu terjadilah peperangan antara raja dengan keluarga Nabi Ya'qub a.s pimpinan perang pada waktu itu dari keluarga Nabi ya' qub adalah anaknya bernama Sya'mun untuk melawan serangan raja itu. Dan akhirnya peprangan itu di menangkan oleh sya'mun yang sangat gagah perkasa serta iringan do'anya kepada Allah s.w.t. lalu kemudiam Masuklah Nabi Ya' qub a.s beserta putra - putranya kedalam benteng pertahanan mausuh yang telah hancur itu lalu diperangilah Raja yang sombongitu, sehingga kalah dan hartanya dijadikan harta rampasan perang (ghanimah).

NABI YA'QUB A.S HIJRAH KE PALESTINA

Pemandangan palestina

kemudian pindahlah Nabi Ya'qub a.s ke palestina untuk menemui pamanya yang bernama Laban, dan waktu itu beliau Nabi ya'qub a.s berjalan pada malam hari dan isturahat pada siang hari . Karena itu dinamakan keturunan Bani Israil yang artinya yang suka berjalan pada malam hari.

NABI YA'QUB A.S MENERIMA WAHYU

Kemudian perjalanan hijrah itu, Beliau tertidur diatas batu, kemudian bermimpi. Mimpi Nabi ya'qub a.s adalah wahyu ilahi sebagai berikut : Aku Allah, Tiada tuhan melainkan aku, Aku Tuhan engkau dan Tuhan Bapak engkau. Aku telah mewariskan bumi ini yang suci ( baitul maqdus maqdis) untukmu dan keturunanmu, dan aku memberi berkat padanya dan aku berikan engkau kitab dan pelajaran serta hiknah dan knabian.

NABI YA'QUB WAFAT DI MESIR

Nabu Ya'qub a.s meninggal dunia dalam usia 147 tahun dinegeri mesir, karena usianya telah lanjut kemudian mengikuti anaknya Nabi Yusuf a.s yang menjadi pembesar pemertintah dinegeri mesir itu. Beliau tinghal di mesir dan banyak menurunkan keturunan asal Bangsa Israil di negeri mesir, dan kemudian Bani Israil ini dibebaskan dari perbudakan oleh Nabi Musa a.s dari Fir'aun yang sangat zolim itu.

WASIAT NABI YA'QUB A.S KEPADA ANAK-ANAKNYA

Pesan ( wasiat) Nabi Ya'qub a.s ketika akn datang kepada anak- anknya sebagai beriktut:

Didalam Al-Qur'an ALLAH s.w.t menerangkan firmanya.

أَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاءَ إِذْ حَضَرَ يَعْقُوبَ الْمَوْتُ إِذْ قَالَ لِبَنِيهِ مَا تَعْبُدُونَ مِنْ بَعْدِي قَالُوا نَعْبُدُ إِلَٰهَكَ وَإِلَٰهَ آبَائِكَ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ إِلَٰهًا وَاحِدًا وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ.

Artinya : Adakah kamu hadir ketika Ya'qub kedatangan tanda- tanda maut, ketika ia berkata kepada anak- anaknya. Apa yang kamu sembah sepeninggalanku? Mereka menjawab : Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan Nenek moyangmu, Ibrahim, Isma dan Ishaq, Yaitu Tuhan yang maha Esa dan kami tunduk patuh kepada-nya. ( Q.s Al- Baqrah ayat : 133).

Baca juga: Nabi Ishaq a.s artinya ialah tertawa 

KESIMPULAN DAN HIKMAHNYA RIWAYAT NABI YA'QUB A.S

  1. Nabi ya'qub a s anak Nabi Ishaq a.s dan anaknya Nabi Ibrahim a s Beliau diutus Allah s.w.t ke negeri Kan'an untuk menyeru manusia mnyembah tuhan Allah yang maha kuasa.
  2. Karen beliau banyak mempunyai keturunan yang disebut Al- ashbath, artinya kabilah-kabilah ( kelompok) dan yang disebut keturunan Bani Israil.
  3. Nabi Ya'qub a.s mempunyai anak-anak yang baik-baik dan beriman kepada Allah s.w.t
  4. Sewaktu ajal beliau telah dekat, anak - anaknya diberi wasiat agar tetap memegang agama Allag s.w.t.
  5. Dan keturunannya yang di sebut Bani Israil sejak pindahnya baeliau kengeri mesur itu, ketika usianya telah tua, mengikuti anaknya Nabi Yusuf a.s yang menjadi pembesar dinegeri itu. Kemudian beliau wafat dalam usia 147 tahun.

Purwanto
Purwanto Cah kuper