Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nabi Ishaq a.s artinya ialah tertawa

Kisah singkat nabi Ishaq a.s

Kisah nabi ishaq a.s

Isahaq adalah anak Nabi Ibrahim a.s dari isterinya siti sarah. Kata arti ishaq berasal dari bahasa ibrani yang artinya tertawa. Siti sarah adalah seorang wanita yang mandul. sejak perkawinanya dengan Nabinibrahin a.s sehingga usianya tua, dan beliau selalu berdoa tiba- tiba beliau menadapat kabar dari malaikat bahwa ia akam mendapat anak laki- laki yang saleh. Alangakah terkejut hatinya dsn gembira karena ia akan mendapatkan seoranb anak? Dan sedang usinya sudah lanjut.
Nabi ishaq a.s dan anaknya ( Nabi ya'qub a.s ) beserta Nabi ibrahim a.s mendapatkan kemuliaan disisi Allah s.w.t dan keluarganya. Allah s.w.t menerangkan firmanya dalam Al- Qur'an :

وَامْرَأَتُهُ قَائِمَةٌ فَضَحِكَتْ فَبَشَّرْنَاهَا بِإِسْحَاقَ وَمِنْ وَرَاءِ إِسْحَاقَ يَعْقُوبَ. قَالَتْ يَا وَيْلَتَىٰ أَأَلِدُ وَأَنَا عَجُوزٌ وَهَٰذَا بَعْلِي شَيْخًا ۖ إِنَّ هَٰذَا لَشَيْءٌ عَجِيبٌ. قَالُوا أَتَعْجَبِينَ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۖ رَحْمَتُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ ۚ إِنَّهُ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

Artinya : Dan sedang isterinya (siti sarah) berdiri di sampinhnya lalu dia tersenyum, maka kami ssmpaikan kepadanya nerita gembira akan kelahiran ishaq, dan sesudah ishaq lahir Ya'qub. Isterinya berkata : sungguh mengherankan, apakah aku akan melahirkan anak padahal aku adalah seorang perempuan tua, dan ini suamikupun dalam keadaan yang sudah tua pula! sesungguhnya ini benar- benar suat yang sangat aneh. Para malaikat itu berkata : Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? Itu adalah rahmat Allah dab keberkatannya, dicurahkan atas kamu dan seluruh ahli rumah tanggamu. karena sesungguhnya Allah maha terpuji lagu maha pemurah ( s.hud ayat: 71 - 73)

kemudian Nabi ibrahim a.s dan Siti Sarah bersyukur kepada Allah s.w.t atas kabar gembira itu. Didalam Al- Qur'an Allah s.w.t menerangkan firmanya :

وَاذْكُرْ عِبَادَنَا إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ أُولِي الْأَيْدِي وَالْأَبْصَارِ. إِنَّا أَخْلَصْنَاهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ. إِنَّا أَخْلَصْنَاهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ. وَإِنَّهُمْ عِنْدَنَا لَمِنَ الْمُصْطَفَيْنَ الْأَخْيَارِ.

Artinya : Dan ingat lah hamba - hamba kami; Ibrahim , Ishaq , ya'qub yang mempunyai perbuatan - perbuatan yang besar dan ilmu- ilmu yang tinggi. sesungguhnya kami telah mensucikan merka dengan menganugerahkan kepada mereka akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan manusia kepada akhirat. Dan sesungguhnya mereka pada sisi kami benar- benar termasuk orang- orang pilihan yang paling baik ( Q.s shhad ayat: 45-47).

Dan selanjutnya didalm Al- Qur'an Allah s.w.t menerangkan firmanya :

وَوَهَبْنَا لَهُ إِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ نَافِلَةً ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا صَالِحِينَ. وَجَعَلْنَاهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا وَأَوْحَيْنَا إِلَيْهِمْ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَإِقَامَ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءَ الزَّكَاةِ ۖ وَكَانُوا لَنَا عَابِدِينَ.

Artinya: Dan kami telah memberikan kepadanya Ibrahim, Ishaq, ya' qub sebagai suatu anugerah dari pada kami dan masing- masingnya kami jadikam orang -orang yang saleh. kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin- pemimpin yang memimpin manusia dengan perintah kami dan kami telah mewahyukan kepada mereka mngerjakan kebajikan, mendirikan sembahyang menunaikan zakat dan kepada kamilah mereka selalu menyembah. ( Q.s al- anbiyaa ayatb: 72 -73 )

Dengan keterangan Allah s.w.t tersebut maka mengertilah kita bahwa Nabi Ishaq a.s dan keturunanya itu mendapat rahmat dari Allah s.w.t dan seihngga menjdi ikutan ummat manusia.

KETURUNAN NABI ISHAQ A.S

Nabi Ishaq a.s mempunyai anak laki Ya'qub, kemudian menjadi Nabi/ Rasul Allah dan Nabi Ayub a.s mempunyai keturunan yang banyak di antaranya Nabu yusuf a.s dan sampai akhirnya pada Nabi- Nabi dari Bani Israil Nabi Isa a.s. Nabi Ishaq a.s wafat dalam usia 180 tahun, di makamkan di jirun yang sekrang dinakan Madinah .

Baca lagi : Hijrahnya Nabi Ibrahim a.s Dan Siti hajar Dengan Bayinya (Nabi Ismail) Ke Makkah

KESIMPULAN DAN HIKMAHNYA RIWAYAT NABI ISHAQ A.S

  1. Nabi Ishaq a.s adalah anakanya Nabi Ibrahim a.s dari Isterinya siti Sarah yang setelah usia tua, Allah s.w.t mengurniai sorang anak.
  2. Kata arti ishaq ialah, tertawa.
  3. Nabi Ishaq a.s dianugerahkan keturunan yang banyak, sampai kepada Nabi- Nabi dan Rasul dari Bani Israil.

Purwanto
Purwanto Cah kuper