Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah nabi yusuf masuk penjara

Tentang  Nabi yusuf a.s dimasukkan ke penjara memang sudah keinginannya sendiri agar tidak dapat bergaul dengan ibu angkatnya ( siti Zulaikha ) itu,  sesuai dengan kejadian atau Kisah zulikha mencintai Nabi Yusuf a.s yang sudah di ceritakan di episode sebelumnya. Hal ini di sebabkan agar ibu angkatnya tidak mendapat malu  dan tidak terjadi lagi kejadian yang sebelumnya.

Oleh karenanya lebih baik ia sendiri yang seolah- olah bersalah. Demikian kebijakan dan ketinggian budi pekerti Nabi yusuf a.s untuk melindungi ibu angkatnya itu agar tidak mendapat malu.  Dalam keadaan dibpenjara Nabi yusuf a.s senantiasa menunjukan budi pekertinya yang baik itu terhadap kawan - kawan sepenjaranya.

PERISTIWA DALAM PENJARA

Sel

Pada suatu hari di dalam penjara datanglah dua orang kawan sepenjaranya dan salah seorang itu berkata : " saya telah brrmimpi seolah-olah saya memeras buah anggur buat tuak." Dan berkata seorang lagi : " saya bermimpi seolah-olah saya menjunjung roti diatas kepala saya , tiba- tiba roti itu dimakan burung ."

Cobalah engkau terangkan arti takwilanya tafsiranya  ( tafsiranya); sesungguhnya aku melihat engkau seorang yang baik hati .
Kemudian Nabi yusuf a.s menerangkan arti mimpi orang kedua itu, seraya berkata : " Arti takwil mimpi pemuda pertama itu dia segera ke luar dari penjara dan kembali bekerja seperti semula yaitu menjadi tukang kebun raja.
Dan arti takwil mimpi  pemuda yanh kedua , dia akan di hukum salib, dan bangkainya akan dimakan oleh burung-burung. "
Akhirnya terjadilah apa yang dikatakan oleh Nabi yusuf a.s . Maka keluarlah dari penjara pemuda yang tidak bersalah itu, dan yang seorang pemuda lagi menjalani hukum mati.

Kepindahan Nabi yusuf a.s dalam mentakwilkan mimpi ini, adalah pemberian dari Allah s.w t untuk hambanya yang baik.

NABI YUSUF KELUAR DARI PENJARA

Raja mesir bermimpi buruk ; didalam Al- Qur'an Allah s.w.t  berfirman :

وَقَالَ الْمَلِكُ إِنِّي أَرَىٰ سَبْعَ بَقَرَاتٍ سِمَانٍ يَأْكُلُهُنَّ سَبْعٌ عِجَافٌ وَسَبْعَ سُنْبُلَاتٍ خُضْرٍ وَأُخَرَ يَابِسَاتٍ ۖ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ أَفْتُونِي فِي رُؤْيَايَ إِنْ كُنْتُمْ لِلرُّؤْيَا تَعْبُرُونَ. قَالُوا أَضْغَاثُ أَحْلَامٍ ۖ وَمَا نَحْنُ بِتَأْوِيلِ الْأَحْلَامِ بِعَالِمِينَ.

Artinya : Raja berkata kepada orang - orang terkemuka dari kaumnya :" sesunghuhnya aku bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina yanh gemuk- gemuk, tujuh ekor sapu betina yang kurus - kurus dan tujuh tangkai gandum yang hijau dan tujuh tangkai lainya yang kering." " hai orang -orang yang terkemuka, terangkanlah kepadaku tentang arti mimpi ku jika kamu dapat mentajwilkan ( arti) mimpi." Mereka : " itu adalah mimpi yang kacau dan kami sekali-kali tidak tahu mentakbirkan mimpi yang semacam itu." ( Qs. Yusuf ayat: 43-44) .

Dan berkata orang yang selamat di antara mereja berdua dan teringat kepada Yusuf a.s sesudah beberapa waktu lamanya : " aku akan memberitakan kepadamu tentang orang yang pandai mentakbirkan mimpi itu, oleh sebab itu utuskah aku kepadanya."
Dan seraya berkata: " bawalah segera kemari pemuda itu". Saya ingin mendengar sendiri keterangan takwil mimpiku itu dari padanya.
Kemudian raja mengutus tuka g kebunya itu untuk menemui Nabi yusuf a.s di dalam penjara, setelah bertemu Nabi yusuf a.s didalam penjara, setelah meminta agar Nabi yusuf a.s dapat mentakwilkan mimpinya itu.
kemudian Nabi yusuf a.s memberikan keterangan tentang mimpu raka itu,

didalam Al- qur'an Allah s.w.t menerangkan firmanya:

قَالَ تَزْرَعُونَ سَبْعَ سِنِينَ دَأَبًا فَمَا حَصَدْتُمْ فَذَرُوهُ فِي سُنْبُلِهِ إِلَّا قَلِيلًا مِمَّا تَأْكُلُونَ.ثُمَّ يَأْتِي مِنْ بَعْدِ ذَٰلِكَ سَبْعٌ شِدَادٌ يَأْكُلْنَ مَا قَدَّمْتُمْ لَهُنَّ إِلَّا قَلِيلًا مِمَّا تُحْصِنُونَ. ثُمَّ يَأْتِي مِنْ بَعْدِ ذَٰلِكَ عَامٌ فِيهِ يُغَاثُ النَّاسُ وَفِيهِ يَعْصِرُونَ.

Artinya : Yusuf berkata : " supaya kamu bertanam tujuh tahun lamanya sebagaimana biasa, maka apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan di tangkainya, kecuali sedikit Untuk kamu makan." kemudian sesudah itu akan datang tujuh tahun yang amat sulit paceklik yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya tahun sulit, keculai sedikit dari bibit gandum yang kamu simpan. kemudian setelah itu akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan dengan cukup, dan dimasa itu mereka memeras anggur." ( Qs. Yusuf Ayat: 47- 49).

Setelah raja mendengar arti dari mimpi itu , seraya raja berkata, Didalam Al-Qur'an allah menerangkan firmanya.

وَقَالَ الْمَلِكُ ائْتُونِي بِهِ أَسْتَخْلِصْهُ لِنَفْسِي ۖ فَلَمَّا كَلَّمَهُ قَالَ إِنَّكَ الْيَوْمَ لَدَيْنَا مَكِينٌ أَمِينٌ. قَالَ اجْعَلْنِي عَلَىٰ خَزَائِنِ الْأَرْضِ ۖ إِنِّي حَفِيظٌ عَلِيمٌ. وَكَذَٰلِكَ مَكَّنَّا لِيُوسُفَ فِي الْأَرْضِ يَتَبَوَّأُ مِنْهَا حَيْثُ يَشَاءُ ۚ نُصِيبُ بِرَحْمَتِنَا مَنْ نَشَاءُ ۖ وَلَا نُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ.

Artinya : Dan raja berkata : " bawalah yusuf kemari, agar aku memeilih dia sebgai orang yang rapat kepadaku." Maka tatkala raja telah bercakap - cakap denagn dia, Raja berkata: " sesungguhnya kamu mulai hari ini menjdi seorang yang berkedudukan tinggi lagi di percayai pada sisi kami."  Yusuf Berkata: " jadikanlah aku bendaharwan negara mesir, karena sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan". Dan demikianlah kami memberikan kedudukan kepasa yusuf di negeri Mesir, dia berkuasa penuh pergi menuju kemana saja ia kehendaki di bumi Mesir itu.  Kami melimpahkan rahmat kepada siapa yang kami kehendaki dan tidam kami menyia - nyiakan pahala orang - orang yang berbuat baik". ( Qs. yusuf ayat : 54-56) .

Demikana riwayat Nabi yusuf a.s pada saat didialam penjara, selanjutnya sobat bisa baca lagi riwayat Nabi yusuf a.s setelah keluar dari penjara dengan judulnya Pertemuan Nabi yusuf a.s dengan ayahnya ( Nabi ya'qub a.s ) 

Purwanto
Purwanto Cah kuper