Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KISAH SINGKAT NABI IDRIS A.S


Assalamu'alaikum wr .wb .
Melalui forum ini izin kan untuk berbagi informasi dan pengalaman semoga menjadi pelajaran dari kehidupan pada zaman para nabi kita , sekarang kelanjutannya adalah kisah singkat dari nabi idris a.s.
Yuk di simak!!



Baca juga: kisah nabi adam a.s

Nabi idris adalah berketurunan kakek bapak NABI NUH A.S. kepada nabi idris ini, allah s.w.t menurunkan 30 shahifah (lembaran )yang berisi petunjuk-petunjuk daru allah s.w.t untuk di sampaikan kepada umatnya yaitu keturunan qabil yang durhaka kepada allah s.w.t itu.
NABI IDRIS A.S adalah orang yang mula -mula pandai menulis dan membaca ilmu hitung, ilmu perbintangan(falak), ilmu jahiit- menjahit, ilmu merancak kuda dan memerangi orang - orang yanh durhaka kepada allah s.w.t. beliau tidak lalai sedikitpun dari mengingat allah s.w.t walaupun sedang sibuk menghadapi soal-soal kepentingan sehari-hari. 

Karena nabi idris a.s seorang yang gagah berani dan beliau seorang yang mempunyai kekuatan yang luar biasa, sehingga beliau diberikan gelar "AS ADUL USUD"  yang artinya singa dari segala singa, dan singa allah s.w.t telah memberikan kepadanya derajat yang tinggi. Di dalam al-quran allah s.w.t menrangkan firmanya ;

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِدْرِيسَ ۚ إِنَّهُ كَانَ صِدِّيقًا نَبِيًّا. وَرَفَعْنَاهُ مَكَانًا عَلِيًّا.
Artinya ; dan ceritakanlah hai' muammad, kisah idris yang tersebut di dalam al-qur'an bahwa idris itu adalah seorang nabi. Dan allah s.w.t telah mengankatnya kemartabat yang tinggi. (Q.s marayam ayat 55-57)

Sebagai mana ahli tafsir sebahagian mengatakan, maka tatkala terbuka bagi nabi idris a.s untuk berkenalan dengan para malaikat maka idris a.s timbul dalam hatinya ingin untuk melihat alam ghaib atau naik ke langit, maka keinginan nabi idris a.s ini di kabulkan allah s.w. t sehingga naiklah nabi idris a.s ke langit atau alam ghaib. Seperti di riwayatkan oleh bukhori dari annas bin malik ; dikala nabi muammad s.a.w dan jibril melalui suatu tempat pada malam isra' dan mi'raj nabi muhammad s.a.w telah bertemu nabi idris a.s yang menyambutnya dengan ucapan; siapakah dia? Malaikat jibril menjawab ; dialah idris dalam al-qur'an allah s.w.t menerangkan firmanya;

وَإِسْمَاعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِنَ الصَّابِرِينَ. وَأَدْخَلْنَاهُمْ 
فِي رَحْمَتِنَا ۖ إِنَّهُمْ مِنَ الصَّالِحِينَ.

Artinya; ingatlah akan kisah ismail, idris dab zulkifli , masing -masingnya masuk golongan orang-orang yang sabar. Kami masukam mereka itu kedalam rahmat kami, sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang yang shalih( q.s al-ambiya ayat 85-86)

KESIMPULAN DAN HIKMAHNYA RIWAYAT NABI IDRIS A.S

1. Nabi idris a.s adalah masih ada mempunyai keturunan kakek bapak nabi nuh a.s.

2. Nabi idris a.s adalah nabi yang banyak menrima bermacam-macam ilmu pengtahuan dunia yang sebagaimana kita sudah mengtahui di saman sekarang ini.

3. Nabi idris a.s di angkat ke tempat yang tinggi derajatnya oleh allah s.w.t karena beliau adalah seorang yanh sabar dan bertaqwa kepada allah s.w.t.

4. Allah s.w.t tetap menyayangi selalu orang -orang yang beriman dan banyak bebuat kebaikan dan sabar, bertaqwa kepada allag s.w.t fan allah s.w.t tidak menyukai kepada orang -orang yang berbuat durhaka dan maksiat(dosa).

Demikan kisah singkat dari NABI IDRIS A.S semoga dengan ini bisa menambah wawasan dan pelajaran agar tetap istiqmah ammmin , terimakasih wassalamualikum wr.wb .
Purwanto
Purwanto Cah kuper