Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah nabi adam a.s

Tulisan Nama


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Pertama tidak hentinya untuk mengucapkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT, karena sampai detik ini masih di berikan kesehatan dan keimanan yang insyaallah kukuh, dan tak lupapula semoga tercurahkan kepada baginda kita nabi Muhammad s.a.w dengan mengucapkan allhumma solliala muhmmad waalaalihi muhammad, melalui media ini izinkan untuk memberikan informasi yang semoga memberi sedikit banyaknya pengetahuan karena berkat informasi lah ilmu pengetahuan akan menjadi lebih luas, baiklah info kali ini saya akan sahring atau memberi artikel tentang 25 para nabi yang insya allah bisa menambah ilmu pengtahuan untuk anda.

1.NABI ADAM A.S adalah nabi yang pertama, manusia pertama,( khalifah allah) beliau dijadikan allah s.w.t dari tanah di bentuk berupa manusia dan di tiupkan ruh ke dalamnya sehingga hiduplah, beliau turun temurun serumpun anak cucu sebagaimana manusia sekarang ini. Di dalam al-qur'an allah s.w.t menerangjan firmannya :

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ

Yang artinya : dan sesungguhnya kami jadikan manusia dari tanah yang kering dan tanah hitam yang busuk baunya (al-hijjr ayat: 26)

Oleh karena itu nabi adam a.s disebut bapak segala manusia dan daei beliaulah asal keturunan manusia semuanya. sebelum nabi adam di ciptakan oleh allah s.w.t terlebih dahulu allah s.w.t telah menciptakan makhluk atau bangsa jin dari api yang sangat panas. Di dalam al-qur'an allah s.w.t menerangkan firman-nya:

وَالْجَانَّ خَلَقْنَاهُ مِنْ قَبْلُ مِنْ نَارِ السَّمُومِ

Yang artinya: kami telah menjadikan jin sebelum manusia dari pada api yang sangat panas(q.s surat alhijjr ayat :27).  Setelah allah s.w.t memerintahkan kepada sekalian malaikat supaya sujud menghormatinya seketika itu para malaikat sujud menghormatinya. Keculai iblis yang sombong dan congkak karena merasa dirinya lebih mulia dari nabi adam a.s sebab iblis itu di jadikan dari api sedangkan nabi adam a.s dijadikan dari tanah . Didalam al-qur'an allah s.w.t menerangkan firmanya

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam!" Maka mereka pun sujud kecuali iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri dan ia termasuk golongan yang kafir.( Q.s al- baqarah ayat 34). Karena iblis tidak mau sujud kepada nabi adam maka allah s.w.t menerangkan didalam al- qur'an firmanya berbunyi 

قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا لَكَ أَلَّا تَكُونَ مَعَ السَّاجِدِينَ. قَالَ لَمْ أَكُنْ لِأَسْجُدَ لِبَشَرٍ خَلَقْتَهُ مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُو نٍ.قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٌ.وَإِنَّ عَلَيْكَ اللَّعْنَةَ إِلَىٰ يَوْمِ الدِّينِ

Artinya : 32. Dia (Allah) berfirman, "Wahai Iblis! Apa sebabnya kamu (tidak ikut) sujud bersama mereka?"
33). Ia "Iblis" berkata, Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk.
34). Dia "Allah" berfirman, (Kalau begitu) keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk,

35). Dan Kami berfirman, Wahai (Adam)Tinggallah engkau bersama istrimu di dalam surga dan makanlah dengan nikmat (berbagai makanan) yang ada di sana sesukamu. Tetapi janganlah kamu mendekati pohon ini(khuldi), nanti kamu termasuk orang-orang yang zalim!"(Q.s al- baqrah ayat 32- 35)

DICIPTAKANYA SITI HAWA OLEH ALLAH S.W.T DAN ADAM A.S DAN JUGA HAWA DIBERDAYAKAN IBLIS.

Semenjak itu nabi adam a.s merasa kesepian maka allah s.w.t menerangkan didalam firmanya, hai ADAM, Diamlah engkau bersama isterimu didalam sorga dan makanlah dengan bebas apa-apa yang engkau sukai tetapi jangan lah engkau dekati pohon kayu ini, jika engkau dekati maka engkau nanti menjadi orang yang teraniaya (q.s albaqrah ayat 35).
Sejak terkutuk iblis itu kemudian ia berdaya upaya menggoda nabi adam a.s dan hawa (isterinya) supaya dapat tertipu dab terusir dari sorga. Sehingga keduanya terperdaya oelh iblis itu maka dilanggarnya perintah larangan allah s.w.t itu,  yaitu nabi adam dan hawa mendekati dan memakannya buah pohon khuldi itu. Kemudian keduanya di keluarkan dari surga. maka bumi inilah dijadikan tempat kediamnya dan turun temurun anak cucu nya sampai ke pada kita semuanya sekarang ini, di dalam al-qur'an allah s.w.t berfirman :

فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَٰذِهِ الشَّجَرَةِ إِلَّا أَنْ تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ الْخَالِدِينَ.وَقَاسَمَهُمَا إِنِّي لَكُمَا لَمِنَ النَّاصِحِينَ

Artinya :

 20). Kemudian seytan membisikkan pikiran jahat kepada mereka agar menampakkan aurat mereka (yang selama ini) tertutup. Dan"seytan" berkata, Tuhanmu hanya melarang kamu berdua mendekati pohon ini(khuldi), agar kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga).

21). Dan dia "seytan" bersumpah kepada keduanya, Sesungguhnya aku ini yang benar-benar termasuk para penasihatmu.
(Q.s surat al a'raf ayat 20-21)

Kemudian nabi adam a.s dan isterinya (hawa) merasa bersalah dan menangislah keduanya memohom ampun kepada allah s.w.t seraya berkata; di dalam al- qur'an allah s.w.t menrangkan firmanya , 

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Artinya. berkatalah nabi adam a.s dan isterinya (hawa) wahai allah tuhan kami , kami telah menganiaya diri kami dan jika allah tidak mengampuni dan tidak memberi rakhmat kepada kami niscaya kami masuk golongan orang yang merugi (q.s al araf ayat 23)

Di dalam al-qur'ab allah s.w.t juga menerangkam firmanya.

فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ ۖ وَقُلْنَا اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۖ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَىٰ حِينٍ

Artinya; lalu keduanya digelincirka oleh iblis (sayton) dari surga itu dan keduanya dikeluarkan dari keadaan semula dan allah s.w.t berfirman Turun lah kamu (adam dan hawa kemudian iblis pergilah. Sebahagian kamu menjadi musuh bagu yang laim dan bagi kamu ada tempat kediaman dibumi dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan (q.s al_baqarah ayat 36

Dan allah s.w.t telah memberi petunjuk (pimpinan ) nya kepada nabi adam dan hawa di dalam al-qur'an allah s.w.t menerangkan firmanya:

فَتَلَقَّىٰ آدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
Artinya : kemudian adam menrima bebrapa kalimat dari allah s.w.t maka allah meneima taubatnya desungguhnya allah maha penerima taubat lagi maha penyayang (q.s al baqarah ayat :37)

Demikianlah stelah nabi adam a.s dan hawa melanggar perintah allah s.w.t maka terbukalah pakaian pakaianya yang bagus-bagus itu dan terpaksalah auratnya ditutup dengan daun daun kayu. Keduanya di pindahkan ke permukaan bumi (dunia)tidak di satu tempat dengan hawa(isterinya) melainkan terpisah antara keduanya dengan jarak yang sangat jauj dan masing -masing cari mencari yang pada akhirnya bertemulah kedimanya di suatu tempat yang bernama padang arafah artinya padang tempat kenal mengenal antara nabi adam a.s dan hawa (isterinya) yang sudah lama tidak bertemu itu. Padang arafah ini terletak di Negeri makkah yang sampai sekarang pada jamaah haji harus wuquf( berhenti) di tempat itu selaku salah satu rukun haji dan barang siapa tidak wukuf di padang arafah pada waktu yang di tentukan maka hajinya tidak syah.

NABI ADAM A.S DIJADIKAN KHLIFAH DI MUKA BUMI 

ketika allha s.w.t akan menciptakam nabi adam a.s di dalam al-qur'an allah s.w.t menrangkan firmanya,

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: ketika allah s.w.t berfirman kepada malaikat sesungguhnya aku akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi yakni adam, jawab mereka adakah patut engkau menjadikan seorang khlifah di atas bumi yang akan berbuat binasa dan menumpahkan darah (berbunuh - bunuhan) sedangkan kami tashbih memuji engkau dan mensucikan engkau? Allah berfirman sesungguhnya aku mengetahui apa apa yang tidak kamu ketahui (q.s albaqrah ayat, 30).

NABI ADAM A.S MEMPELAJARI BERMACAM-MACAM ILMU 

Segala sesuatu sudah menjadi rencana allah s.w.t demikian dikeluarkannya nabi adam a.s dan isterinya (hawa) dari sorga juga telah di tentukan oleh allah s.w.t untuk dijadikan khalifah di muka bumi ini seorang yang akan menjadi khalifah(pemimpin) tentulah harus mempunyai ilmu yang banyak dan jika tidak demikian halnya maka tentulah orang itu tidak dapat memimpin dirinya sendiri. Maka kepada adam a.s allah s.w.t memberikan beberapa pelajaran dan petunjuk sehingga menjadi pandai. Walaupun bagaimana pandainya dan sebagainya namun ilmu manusia ini ibarat hanya bagaikan setetes air di bandingkan dengan laut yang maha luas itu. 
Di dalam al- qur'an allah s.w.t menerangkan firmanya;

وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَٰؤُلَاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ.قَالُوا سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ

Artinya : allah mengajarkan kepada adam a.s segala nama benda kemudian dibawalah benda- benda itu kepada malaikat seraya berfirman; ceritakan kepadaku nama nama benda ini jika memang kamu yang benar, jawab mereka; maha suci engkau ya allah tidaklah kami mengtahui melainkan apa apa yang engkau ajarkan kepada kami sesunghujnya engkau mengtahui lagi bijaksana (q.s al baqrah ayat 31-32)

IBLIS (SYAITAN) BERMOHON SUPAYA DI PERPANJANG UMURNYA SAMPAI DENGAN HARI QIAMAT

Maka syaitanpun bermohon kepada allah s.w.t agar di beri kesempatan ( memenjangkan umurnya untuk membalas dendam hatinya itu terhadap nabi adam a.s , karena dikutuknya dia  oleh allah s.w.t . Firman allah s.w.t

قَالَ رَبِّ فَأَنْظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ.قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ. إِلَىٰ يَوْمِ الْوَقْتِ الْمَعْلُومِ. قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ.إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ

36). Ia "Iblis" berkata, Ya Tuhanku, (jikalau begitu) untuk itu berilah penangguhan kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan.
37. Allah berfirman, "Baiklah" maka sesungguhnya kamu termasuk yang sudah diberi penangguhan,
38. Sahut iblis itu , ya tuhan ku, disebabkam engkau telah menyesatkan daku maka kau akan hiasi mereka "manusia" dengan kejahatan yang ada di muka bumi ini dan akan aku sesatkan mereka semua kecuali hamba engkau yanh ikhlas (q.s al hijjr ayat 36-40)
Dan allah s.w.t memperkenankan iblis(syaitan) itu. Didalam al-qur'an menerangkan allah s.w.t berfirman 

قَالَ هَٰذَا صِرَاطٌ عَلَيَّ مُسْتَقِيمٌ. إِنَّ عِبَادِي لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِمْ سُلْطَانٌ إِلَّا مَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْغَاوِينَ.إِنَّ عِبَادِي لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِمْ سُلْطَانٌ إِلَّا مَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْغَاوِينَ.لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِكُلِّ بَابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ

Artinnya: 41. Allah berfirman , ini lah janjiku yang benar.
42).sesungguhnya neraka jahannam untuk tempat siksaan mereka semuanya.
43(.Dan sungguh, Jahanam itu benar-benar "tempat" yang telah dijanjikan untuk mereka (pengikut setan) semuanya,
44). "Jahanam" itu mempunyai tujuh pintu. Dari setiap  pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka.
Dengan keterangan ini jelaslah bagi kita bhwa (iblis) itu adalah musuh yang nyata bagi kita semua. Dan waspadalah terhadap godaan dan tipu dayanya.

PERKAWINAN DI ZAMAN NABI ADAM A.S

Nabi adam a.s dan hawa sebagai suami isteri dan sebagai manusia pertama dan nenek moyang kita tiap-tiap kali melahirkan dua irang putera seorang laki dan seorang perempuan kembar , dari satu kandungan. Sampai sejumlah dua puluh satu orang anak, kecuali ketika melahirkan yang penghabisan hanya seorang anak laki laki yanag kemudian manjadi nabi syist namanya . Hak yang demukian itu terjadidi antara anak-anak nabi adam a.s yang bernama iqlima, seorang wanita yang tercantik paras mukanya bersam lahirnya kembar dengan qabil, dan ada pula seorang wanita labuda bersama lahir kembar dengan saudara habil. Menurut hukum perkawinan yang berlaku di waktu itu qabil harus kawin dengan labuda dan habil harus kawin dengan iqlima. Adapaun qabil dengan labuda tidak diperbolehkan kawin bersama mereka yang sama lahir kembar. dan perkawinan itu harus di pertukarkan antara yang lahir pertama dengan yang lahir kemudianya. Asal saja jangan yang sama-sama lahir (dari satu kandungan). Rupanya peraturan ini tidak diterima baii oleh qabil dan ia tetap mencintai dan ingin menikahi saudaranya (iqlima) yang sama-sama lahir dengan dia, sebab iqlima lbih cantik dari labuda. Karena periatiwa ini tetap tegang maka mereka itu mengadukan halnya kepada ayahnya nabi adam a.s, lalu nabi adam a.s tetap menolak keputusan itu dan peristiwa ini pun diserahkan kepada allah s.w.t dengan jalan mengadakan qurban, qbil dan habil pun berkubanlah dan barang siapa yang kurbanya diterima allah s.w.t maka itulah yang harus mengawini iqlima. Di dalam hal ini allah s.w.t menrangkan di dalam al- qur'an firmanya;

 وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ ابْنَيْ آدَمَ بِالْحَقِّ إِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ أَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الْآخَرِ قَالَ لَأَقْتُلَنَّكَ ۖ قَالَ إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ.لَئِنْ بَسَطْتَ إِلَيَّ يَدَكَ لِتَقْتُلَنِي مَا أَنَا بِبَاسِطٍ يَدِيَ إِلَيْكَ لِأَقْتُلَكَ ۖ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ. إِنِّي أُرِيدُ أَنْ تَبُوءَ بِإِثْمِي وَإِثْمِكَ فَتَكُونَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ ۚ وَذَٰلِكَ جَزَاءُ الظَّالِمِينَ.فَطَوَّعَتْ لَهُ نَفْسُهُ قَتْلَ أَخِيهِ فَقَتَلَهُ فَأَصْبَحَ مِنَ الْخَاسِرِينَ.

Artinya ; dan ceritakan hai muhammad, kepada mereka itu dengan sebenarnya akan riwayatnya dua orang anak nabi adam (havul dan qabil) yaitu ketika keduanya berkorban kepada allah s.w.t maka allah s.w.t menrima kurbab dari habil, dab allah s.w t tidak menerima kurban daru qabil itu. Maka karena sebab itukaj qbik marah kepada seraya berkata ; demi allah saya akan membunuh engkau, maka jawav habil, sesungguhnya allah s.w.t menrima kurban dari orang yang taqwa, demi allah jika engkau memukul saya dengan tangab engakau karena hendak membunuh saya maka saya tidak akan membalas pukulan engkau itu, karena saya takut akan allah s.w.t yang memelihara alam semesta ini, saya menghendaki supaya  engkau kembali dengan membawa dosa membunuh saya berserta dengan disa itu sendiri. Maka engkau termasuk golongan orang - orang yang masuj  neraka, demikian lah balasan- balasan orang yang aniaya. Tetapi hawa nafsu qabil selalu hendak membunuh saudaranya habil , habil itu lalu dibunuhnya maka ia adalah termasuk orang yang merugi. (Q.s almaidah ayat:27 - 30)
Setelah habil di bunuh oleh qabil maka qabil pun merasa bingung dan bgai mana cara menyelenggarakan mayat saudaranya itu. Dikala ia kebingungan itu, maka allah s.w.t memperlihatkan kepadanya dua ekor burung gagak berkelah dab seekor diantaranya mati terbunuh, maka yang masih hidup itu menggalu tanah lalau bangkai kawannya itu di kuburkan kedalam lubang yang kemudian di timbunya.
Didalam hala ini allah s.w.t menerangkan di dalam al-qur'an  firmanya;

Yang artinya ; kemudian allah  mengira seekor burung gagak yang melubangi tanah dengan paruhnya dan kakinya supaya di perlihatkan kepada qabil itu  bagaimana mestinya iaenguburkan mayat saudaranya . Ketika ia melihat perbuatan burung itu maka katanya , amat celaka nasib saya dapatkah saya mempebuat sebagaimana yang dikerjakan burung gagak ini? Dengan jalan yang demikian dapatlah saya menguburkan mayat saudaraku ini. Maka ia adalah termasuk golongan orang-orang yang menysali diri sendiri (qs, al-ma'idah ayat 31)

Demikian lah riwayatnya qabil dapat menguburkan mayat saudaranya itu. Habil orang yang pertama kali meninggal dunia di muka bumi ini. Nabi adam wafat dalam usianya seribu tahundan setahaun kemudian meninggal pula isterinya hawa. Sebahagian riwayat mengatakan nabi adam di makamkan di negeri mekkah/ jedah berdekatan bedekatan dengan makam isterinya siti hawa. Didalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh imam bukhari; seungguhnya allah s.w.t menjadikan nabi adam pada hari jumat dan di turunkan kebumi pada hari jum'at, dan nabi adam a.s bertobat kepada allah s.w.t atas dosanya memakan buah khuldi itu pada hari jum'at, dan wafat nabi adam a.s pada hari jum'at.

KESIMPULAN DAN HIKMAHNYA RIWAYAT NABI ADAM A.S

  1. manusaia berasal daru nabi adam a.s bukan dari makhluk lain-lainya.
  2. Disan nabi adam a.s karena godaan iblis(syation ) karena memakan buah khuldi telah di ampuni oleh allah s.w.t karena permohonan doa ampunanya.
  3. Iblis (syaiton) yang terkutuk itu selalu menggoda manusia agar manusia tergelincir daru kebenaran dan mengikuti kepada kemungkaran atau kejahatan dan dosa, maka iblis itu musuh manusia yang nyata.
  4. Makhluk allah s.w.t (manusia) tidak mengtahui apa- apa yang ghaib kecuali yang telah di beri tahukam oleh allah s.w.t.
  5. Ilmu manusia sangat terbatas dan ilmu allah s.w.t meliputi segala-galanya.
  6. Iblis (syaiton) meminta di perpanjang umurnya sampai hari qiyamat kepada allah s.w.t untuk menipu daya manusia dan tidaklah akan dapat tertipu kecuali orang yang kafir.
Demikian kisah singkat dari nabi adam a.s semoga bermanfaat.

Wassalmualaikum wr. Wb.
Purwanto
Purwanto Cah kuper