Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nabi Ayyub a.s mendapat ujian penyakit

Nabi Ayyub a.s adalah anak Nabi ishaq a.s  anak Nabi Ibrahim a.s. Beliau adalah seorang Nabi/ rasul yang kaya raya, banyak mempunyai binatang ternak yang bermacam- macam, seperti sapi, kambing, kuda, keledai dan unta dan sebagainya.
Beliau pun banyak banyak mempunyai anak laki-laki dan perempuan. Nabi ayyub a.s sorang yang baik hati dan selalu memabantu fakir miskin, anak yatim piatu, selalu memuliakan tamu dan sebagainya. Dengan kekayaanya yang banyak ( berlimpah ) dan keturunan banyak pula. Namun beliau tetap bertambah ketaqwaanya kepada Allah s.w.t.


Ilustrasi nabi ayyub a.s

COBAAN NABI AYYUB A.S

Demikian halnya kepada  Nabi ayyub a.s syetan berdaya- upaya, agar keimanan dan beribadahanya dapat berubah ( lalai). Ujian Nabi ayyub a.s dengan segala kekayaanya lama kelamaan menjadi habis, dan miskin, walaupun demikian beliau tidak tergoda oleh syetan karena keimanan dan ketaqwaanya yang kuat.

Karena sesungguhnya asal manusia lahir kedunia tidak mempunyai apa-apa dan barulah kemudian Allah s.w.t yang memberikan rizki dan kekayaanyan dan sebagainya. Dan kepada Allah s.w.t menguji lagi Nabi Ayyub a.s dengan kematian anak-anaknya dari saat ke saat .
Dan ujian itu tertulisa dalam Aql-Qur'an menereangkan firmanya:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ. الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ.

Artinya : Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit kekuatan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira bagi orang-orang yanh sabar. Yaitu orang- orang yang siap bila ditimpa musibah,  mereka mengucapkan ; artinya: " sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada nyalah kami kembali ( Q.s al-baqrah ayat: 155-156)

Dan setelah itu Nabi Ayyyub a.s diberi penyakit kulit yang sangat luar biasa (dahsyat) yang dideritanya selama tujuh tahun, tetapi Beliau tidak berkeluh- kesah bahkan disabarkannya. Oleh karena penyakit Nabi Ayyub a.s yang sekian lama itu membuay orang tak sanggup melihatnya, terkecuali isterinya dengan segala kesabaranya merawat suaminya ( Nabi ayyub a.s ) .

Karena itu syetan tidak senang melihat kesabaran isteri Nabi ayyub a.s itu, kemudan dengan tipu dayanya agar supaya isteri Nabi ayyub a.s tidak mau lagi melayani atau meraeat suaminya ( Nabi ayyub a.s ) l. Rupanya hal ini Nabi ayyub a.s sudah mengetahui, seraya berkata kepada isterinya : " jika aku sembuh niscaya engkau akau pukul seratus kali ".

Kemudian Nabi ayyub a.s berdo'a Didalam al-Qur'an Allah s.w.t menerangkan firmanya:

وَاذْكُرْ عَبْدَنَا أَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الشَّيْطَانُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ.

Artinya: ingatlah ketika ayyub menyeru kepada tuhanya: ya Tuahanku ? Aku dapat penyakit dan cobaan dari syetan . ( Q.s shad ayat: 41).

COBAAN ( UJIAN ) ALLAH S.W.T BERAKHIR DAN NABI AYYUB A.S SEMBUH DARI PENYAKITNYA

Setelah itu Nabi Ayyub a.s keterima do'anya oleh Allah s.w.t dan sembuhlah penyakit itu.
Di dalam Al- Qur'an Allah s.w.t menerangkan firmanya :

ارْكُضْ بِرِجْلِكَ ۖ هَٰذَا مُغْتَسَلٌ بَارِدٌ وَشَرَابٌ. وَوَهَبْنَا لَهُ أَهْلَهُ وَمِثْلَهُمْ مَعَهُمْ رَحْمَةً مِنَّا وَذِكْرَىٰ لِأُولِي الْأَلْبَابِ.

Artinya : Hantamkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum. Dan kami anugerahi dia dengan pengumpulan kembali keluarganya dan kami tambahkan kepada mereka sebanyak mereka pula sebagai rahmat dari kami dan pelajaran bagi orang-orang yanh mempunyai pikiran ( Q.s shad ayat: 42- 43).

Dan setelah sembuh dari penyakitnya, keadaan Nabi Ayyub a.s kembali keadaanya sebagai semula didalam hal segalanya.

Baca juga: Pertemuan Nabi Yusuf a.s dengan ayahnya ( Nabi Ya'qub a.s )

NABI AYYUB A.S MELAKSANAKAN NAZARNYA

Nabi ayyub a.s telah mengucapkan akan memukul isterinya seratus kali kalau dua sudah sembuh dari sakitnya, karena isterinya kena tipu daya syetan.
Di dalam Al-Qur'an Allah s.w.t menrangkan firmanya :

وَخُذْ بِيَدِكَ ضِغْثًا فَاضْرِبْ بِهِ وَلَا تَحْنَثْ ۗ إِنَّا وَجَدْنَاهُ صَابِرًا ۚ نِعْمَ الْعَبْدُ ۖ إِنَّهُ أَوَّابٌ.

Artinya: Dan ambilah dengan tanganmu seikat rumput ( 100 batang ), maka pukullah dengan itu, dan janganlah kamu melanggar sumpah. " sesungguhnya kami dapati dia ( Ayyub) seorang yang sabar ; dia lah sebaik-baik hamba karena dia sesunghuhnya amat taat kepada Tuhanya". ( Q.s shad ayat: 44)

Demikian Nabi Ayyub a.s memukul isterinya dengan satu kali pukulan saja, karena rumput - rumput lidi itu seratus dijadikam satu. Di antara anak-anak Nabi Ayyub  a.s ada yang menjadi Nabi yaitu " basyar" ( Nabi zulkifli a.s . Simak selanjutnya tentang kisah singkat nabi zulkifli yang sabar

KESIMPULAN DAN HIKMAH RIWAYAT NABI AYYUB A.S

  1. Nabi Ayyub a.s yang sangat sabar dan taqwa kepada Allah s.w.t.
  2. Beliau di uji dengan penyakit kulit sehingga berubah kulitnya menjadi tua, dan orang tidak merasa enaj melihatnya, walaupun penyakit Nabi Ayyub a.s itu tidak menular dan diasingkan jauh dari perkampungan.
  3. Isterinya yang setia dan salehah itu selalu mendampinginya dan kesalahanya karena tipu daya syetan sudah di maafkan, karena Allah maha pengampun dan penyayang.

Purwanto
Purwanto Cah kuper